Banyak Manfaat, Nawal Sebut Pemerintah Sangat Terbantu dengan PKK

Banyak Manfaat, Nawal Sebut Pemerintah Sangat Terbantu dengan PKK

topmetro.news Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sudah lama eksis di Indonesia. Banyak program PKK yang dirasakan nyata dan bermanfaat oleh masyarakat maupun pemerintah. Sehingga pemerintah pun banyak terbantu dengan PKK. Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Nawal Lubis bahkan menyebut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian terbantu dengan keberadaan PKK di tengah masyarakat.

“Karena kemarin Pak Tito (Mendagri) sudah merasa sangat terbantu oleh PKK, banyak yang sudah kita kerjakan, imunisasi, vaksinasi Covid-19, vaksin polio, stunting dan lain-lain,” kata Nawal, pada kegiatan monitoring desa percontohan pelaksana tertib administrasi PKK di Desa Bonanionan, Kecamatan Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Selasa (13/6/2023).

Selain itu, menurut Nawal, PKK adalah ujung tombak program membangun desa menata kota. Oleh sebab itu kader PKK harus terus menjaga kinerja yang sudah terlaksana selama ini.

“Inovasi, kreativitas harus terus kita munculkan dalam setiap menjalankan program PKK, sehingga kita bisa terus beradaptasi dengan zaman,” kata Nawal.

Nawal juga berpesan pada masyarakat untuk berani mengadu apabila mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Ia pun menjamin masyarakat akan mendapat perlindungan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Sumut.

“Selain dilindungi, nanti juga ada pendampingan dan pemilihan psikologis pada korban, kami sudah melakukan itu selama ini,” ujar Nawal.

Tidak ketinggalan, Nawal juga mengimbau masyarakat untuk aktif melakukan deteksi dini kanker. Sebab kanker yang bisa dideteksi dini akan lebih mudah ditangani, dibanding yang terlambat terdeteksi.

“Kebanyakan kasus kanker ini ketahuan sudah stadium lanjut, jadi sulit menanganinya. Maka saya ajak ibu-ibu bapak-bapak untuk memeriksakan apakah ada kanker atau tidak,” ujar Nawal.

Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi kehadiran Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis melakukan monitoring di Humbahas. Ia mengharapkan kehadiran dan arahan Nawal dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Humbahas.

“Kehadiran tim monitoring harapannya dapat memotivasi dan meningkatkan semangat untuk membangun desa demi mewujudkan visi Pemkab Humbahas,” ujar Oloan.

Turut hadir Ketua TP PKK Humbahas Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumut Suherman.

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment